Rabu, 27 Januari 2016

Jaringan Semantik


Jaringan Semantik, merupakan teknik representasi kecerdasan buatan klasik yang dibunakan untuk informasi proporsional. Jaringan semantik kadang disebut juga dengan “proportional net”.

Jaringan semantik pertama kali dikembangan untuk kecerdasan buatan sebagai cara untuk menunjukkan memori manusia dan pemahaman bahasa oleh Ross Quillian pada tahun 1968. Quilian menggunakan jaringan semantik untuk menganalisa arti kata dalam kalimat. Sejak saat itu, jaringan semantik kemudian diretapkan pada banyak problem termasuk representasi pengetahuan [2] [4].
Jaringan semantik merupakan jaringan data dan informasi, yang menentukan hubungan berbagai objek dimana informasi yang terhubung tersebut adalah informasi yang proporsional. Dalam matematika istilah jaringan semantik adalah suatu label atau graph berarah.

Representasi jaringan semantik merupakan penggambaran grafis dari pengetahuan yang memperlihatkan hubungan hirarkis dari objek-objek. Komponen dasar untuk merepresentasikan pengetahuan dalam bentuk jaringan semantik dalam bentuk simpul (node) dan penghubung (link). Simpul merepresentasikan objek, konsep ataupun sebuah situasi. Simpul digambarkan dengan kotak atau lingkaran. Pehubung menghubungkan antarsimpul. Penghubung digambarkan dengan panah berarah dan diberi label untuk menyatakan hubungan yang direpresentasikan [2]. Berikut ini adalah contoh bagaimana pengetahuan dapat direpresentasikan dengan menggunakan jaringan semantik :


Pada gambar, jaringan semantik merepresentasikan pernyataan bahwa semua komputer merupakan alat elektronik, semua PC merupakan komputer, dan semua komputer memiliki monitor. Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa semua PC memiliki monitor dan hanya sebagian alat elektronik yang memiliki monitor

Hampir semua objek atribute, pemikiran atau apapundapan dihubungkan dan dirumuskan antara 1 dengan yang lainya oleh garis -garis, arc umunya menggunakan metode seperti: "IS-A", "HAS-A", dan lain sebagainya .

Jaringan semantik merupakan pengetahuan secara grafis yang menunjukan hubungan antara berbagai objek, kita juga dapat memperluas jaringan semantik dengan menambah node dan menghubungkan dengan node yang berkesesuaian pada jaringan semantik .
Jaringan semantik dapat diperluas dengan menambah node yang bersesuaian pada jaringan semantik tersebut. Node baru tersebut dapat merupakan objek tambahan ataupun sebuah properti tambahan .
Pada umumnya penambahan dapat dilakukan dengan 3 cara :
1.    Objek yang sama
Penambahan node pada objek yang sama dengan menggunakan hubungan "IS-A"
2.    Objek yang lebih khusus
Penambahan node yang merupakan objek khusus
3.    Objek yang lebih umum
Kita dapat menambah node yang merupakan representasi yang lebih umum dari suatu node, yang melakukan link dengan arc "IS-A"


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates